Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Domain dan Hosting

Istilah Domain dan Hosting mungkin sudah tak asing lagi bagi Anda, namun tak jarang banyak netter yang tak mengenal tentang kedua hal tersebut meskipun tanpa mereka sadari mereka sudah menjumpainya dalam bentuk nyata berkali-kali. Berikut akan saya jelaskan secara gamblang mengenai domain dan hosting menurut pendapat saya dengan beberapa refrensi tambahan.

DOMAIN
Domain merupakan nama unik yang dapat kita gunakan untuk mengakses suatu halaman web yang berisi kumpulan kode-kodeHTML. Dengan kata lain, domain merupakan suatu petunjuk yang dapat kita gunakan untuk merujuk web orang lain, sehingga domain seperti alamat rumah seseorang di dunia maya. DOMAIN sering pula diartikan sebagai URL (Uniform Resource Locator), yang merupakan serangkaian nama unik yang sesuai dengan standar susunan tertentu yang dapat digunakan untuk merujuk alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di internet.
Domain pun memiliki susunan KASTA (tingkatan) tersendiri, yakni Kasta tertinggi atau Top Level Domain (TLD), Kasta kedua atau Second Level Domain (SLD), Kasta ketiga atau Third Level Domain, dan seterusnya. Untuk saat ini, Top Level Domain dapat dikategorikan menjadi 2 jenis, yakni menurut kode negara atau country code TLD (ccTLD) dan menurut tingkat ngetopnya atau generic TLD. Inilah beberapa contoh dari country code TLD : .id (Indonesia), .us (United State a.k.a Amerika), .au (Autralia), .me (Montenegro), dan masih banyak lagi lainnya. Sedangkan contoh untuk generic TLD yang kebanyakan penggunaannya disesuaikan dengan kebutuhan, yakni: .com (kebutuhan komersial), .gov (dari kata goverment, pemerintahan), .org (kebutuhan untuk organisasi), .edu (edukasi), .info (informasi), dsb. Beberapa fakta mengenai domain dan kepemilikan domain, diantaranya :
1.Semakin unik nama sebuah domain, semakin tinggi pula kemungkinan kepopuleran suatu web/blog yang dirujuk oleh domain tersebut,
2. Kepemilikan domain bersifat siapa cepat dia yang dapat, sehingga kita harus cepat-cepat membeli domain dengan nama seunik dan sebagus mungkin sebelum diambil orang.

HOSTING
Hosting merupakan ruang penyimpanan yang memuat segala hal yang mendukung terciptanya sebuah web/blog, baik berupa konfigurasiemail, kofigurasi PHP dan HTML, MySQL, dan materi-materi pendukung lainnya. Di dalam hosting, kita akan mengenal yang namanya SPACE (besar kecilnya kemampuan untuk menyimpan data) dan BANDWIDTH. Dengan demikian lengkaplah sudah piranti yang dapat kita gunakan untuk membuat sebuah web beserta domainnya.
Saat ini banyak sekali bertaburan penyedia-penyedia layanan hosting. Mereka berlomba-lomba menarik perhatian banyak orang dengan berbagai macam fitur, mulai dari hosting murah sampai hosting dengan biaya sewa hingga 700 ribuan setiap tahunnya.

DOMAIN DAN HOSTING
Domain dan hosting merupakan sebuah satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan, kalau diibaratkan hubungan antara domain dan hosting seperti kunci dan gembok rumah. Tak peduli seberapa besar rumah yang telah kita bangun dan seberapa cantik kita telah mendisainnya, kalau rumah sebegitu bagusnya tetap terkunci dan tidak dapat dimasuki atau ditinggali, apa gunanya. Tentunya kita memerlukan bantuan dari kunci tersebut untuk mengakses rumah tersebut. Begitu juga dengan nasib si kunci, apabila kita telah memiliki akses masuk, namun apa yang bisa kita kunjungi atau kita tempati kalau ternyata belum ada isinya apa-apa (kosong). Seperti itulah hubungan antara domain dan hosting, kita bisa membangun sebuah website/blogdengan leluasa, namun kita memerlukan domain sebagai alamat yang dapat kita dan orang lain gunakan untuk mengakses website/blog yang telah kita bangun. Yang sudah pasti, domain dan hosting tersebut bisa kita beli dengan harga yang bervariatif sesuai dengan versinya masing-masing, dan Anda tak perlu khawatir karena banyak lembaga/jasa yang menyediakan hosting murah dan domain murah.

Post a Comment for "Fungsi Domain dan Hosting"