Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Welcome Message Remote SSH

Membuat Welcome Message Remote SSH - Pertama apa sih itu ssh ?SSH adalah aplikasi pengganti remote login seperti telnet, rsh, dan rlogin, yang jauh lebih aman. Dikembangkan pertamakali oleh OpenBSD project dan kemudian versi rilis p (port) di-manage oleh team porting ke sistem operasi lainnya, termasuk sistem operasi Linux. Fungsi utama aplikasi ini adalah untuk mengakses mesin secara remote. Bentuk akses remote yang bisa diperoleh adalah akses pada mode teks maupun mode grafis/X apabila konfigurasinya mengijinkan. scp yang merupakan anggota keluarga ssh adalah aplikasi pengganti rcp yang aman, keluarga lainnya adalah sftp yang dapat digunakan sebagai pengganti ftp.

Dengan SSH, semua percakapan antara server dan klien di-enkripsi. Artinya, apabila percakapan tersebut disadap, penyadap tidak mungkin memahami isinya. Bayangkan seandainya Anda sedang melakukan maintenance server dari jauh, tentunya dengan account yang punya hak khusus, tanpa setahu Anda, account dan password tersebut disadap orang lain, kemudian server Anda diobrak-abrik setelahnya.

Setelah kita mengenal SSH pasti sering muncul welcome message ketika kita coba remote suatu server/linux, penasaran dnegan hal ini saya coba mencari-cari di mbah gugel akhirnya nemu juga Tutorial Membuat Welcome Message Remote SSH.



Langsung saja langkah-langkahnya adalah :

1. Login dengan menggunakan root
2. Edit file /etc/ssh/sshd_config dengan cara :
vim /etc/ssh/sshd_config
3. Cari direktif berikut
#Banner /etc/issue.net
4. Hilangkan tanda pagar #, lalu edit menjadi :
Banner /etc/pesan
5. Buat satu berkas /etc/pesan seperti :
=====================================
Selamat Datang di Situs catatanblogkecil.blogspot.com
=====================================
6. Restart service ssh lalu coba remote server

Demikian Cara Membuat Welcome Message Remote SSH, semoga bermanfaat bagi anda semua khususnya buat mimin hehe

Sumber : bogor.linux.or.id

Post a Comment for "Membuat Welcome Message Remote SSH"